03 Agustus 2016

PEMURIDAN

1. Tidak memuridkan mendatangkan kutuk, menjadi pelarian dan pengembara. 
Kain adalah orang yang pertama dikutuk, bukan Adam. 
Kej 4 : 9 - 12 Firman TUHAN kepada Kain: "Di mana Habel, adikmu itu?" 
Jawabnya: "Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?" 
Firman-Nya: "Apakah yang telah kauperbuat ini? 
Darah adikmu itu berteriak kepada-Ku dari tanah.
Maka sekarang, terkutuklah engkau, terbuang jauh dari 
tanah yang mengangakan mulutnya 
untuk menerima darah adikmu itu dari tanganmu. 
Apabila engkau mengusahakan tanah itu, 
maka tanah itu tidak akan memberikan hasil sepenuhnya lagi kepadamu; 
engkau menjadi seorang pelarian dan pengembara di bumi."

2. Tugas yang diberikan pada Gereja adalah jadikan semua bangsa murid Tuhan. 
Bukan hanya bicara jumlah saja tetapi juga kualitas, yaitu kualitas seorang murid. 
Kuasa dan penyertaan Tuhan ada ketika kita melangkah pergi untuk menjadikan 
semua bangsa murid Tuhan. 
Pada awalnya Tuhan hanya memberi mandat pada manusia untuk beranak cucu 
dan bertambah banyak (Kej 1 : 28), 
tetapi pada Gereja, Tuhan berikan mandat bukan sekedar jumlah tetapi kualitas 
Mat 28 : 18 - 20 "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. 
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan 
baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan 
ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. 
Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." 

3. Teladan Paulus : 
Sekalipun Tuhan telah memberikan kesempatan, Tuhan telah buka jalan untuk pelayanan, 
untuk memberitakan Injil tetapi bagi Paulus lebih penting menjumpai saudaranya Titus 
II Kor 2 :12 - 13 Ketika aku tiba di Troas untuk memberitakan Injil Kristus, aku dapati, 
bahwa Tuhan telah membuka jalan untuk pekerjaan di sana. 
 Tetapi hatiku tidak merasa tenang, karena aku tidak menjumpai saudaraku Titus. 
Sebab itu aku minta diri dan berangkat ke Makedonia

Bagi Paulus, hidup ini memberi buah, dan alasan dia hidup, motivasi dia melayani 
untuk memberitakan Injil dan memuridkan. 
Bahkan juga ketika ia dipenjara, ia menemukan seorang anak (Onesimus)
Flp  1 : 24 tetapi lebih perlu untuk tinggal di dunia ini karena kamu.
Filemon 1 : 9 - 11 Aku, Paulus, yang sudah menjadi tua, lagipula sekarang dipenjarakan karena Kristus Yesus, 
mengajukan permintaan kepadamu mengenai anakku yang kudapat selagi aku dalam penjara
yakni Onesimus--dahulu memang dia tidak berguna bagimu, 
tetapi sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar