20 April 2013

Kenali Cara & WaktuNya


“Percayalah cara dan waktuNya karena Tuhan adalah Tuhan yang pegang kendali ”.

Hidup ini adalah hidup yang ada masalah. Satu-satunya tempat di muka bumi yang penuh damai hanya ada di kuburan dan orang yang sudah tidak lagi mengalami masalah adalah orang yang sudah mati. Dan tidak ada pribadi yang bisa sangat mengerti persoalan manusia selain pribadi Yesus. Namun pribadiNya bisa sulit untuk dimengerti di saat sulit, kenapa? Karena
a.       Kita tidak mengerti caraNya
b.       Kita tidak tahu waktuNya.
 
Tuhan punya banyak cara / solusi untuk menjelaskan 1 persoalan. Sementara kita seringkali menggunakan 1 cara untuk menyelesaikan banyak persoalan. Cara Tuhan tak terbatas, tak terpikirkan sebelumnya, tak lumrah/wajar/umum, terkadang tidak logis dan seolah tak adil tetapi oleh karena itulah Ia disebut Tuhan.

Lihatlah dalam beberapa kisah ketika orang dalam kondisi terdesak, Tuhan bukan menjawab persoalan orang tersebut dengan membebaskannya. Tuhan tidak melepaskan Sadrakh, Mesakh, Abednego dari dapur api tetapi justru membuat mereka menjadi “fireproof”. Daniel tak dilepaskan dari gua singa tetapi Tuhan yang bungkam mulut singa.  

Jadi, dalam persoalan yang akan/sedang kita hadapi:
1.       Tuhan bisa melepaskan kita dari persoalan tersebut bisa dengan cara menyelesaikannya (through) sehingga kita bisa melaluinya dengan penuh kemenangan,
2.       Tuhan sudah menyelesaikan masalah (keep us from) tersebut sehingga kita tidak perlu menghadapinya atau,
3.       Tuhan membelokkan kita (take us from) sehingga kita terhindar dari persoalan tersebut. Dan dalam hal terakhir inilah seringkali kita tidak merasakan mendapatkan apa-apa dari Tuhan dan menjadi kurang bersyukur.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar