20 April 2013

Yang terlatih, lahir dari rumah


Kej 14:14  maka dikerahkannyalah orang-orangnya yang terlatih, yakni mereka yang lahir di rumahnya ...

Supaya kita menjadi terlatih maka kita mesti lahir / memiliki rumah (komunitas) dan prinsip yang sama, jika kita ingin melahirkan anak yang berkualitas, maka anak tersebut harus merasakan rumah (home) dan bukan hanya memiliki bangunan rumah (house).

Ciri orang yang memiliki dan merasakan "home" adalah orang tersebut ingin dan bisa "pulang".

Kej 2:18  TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."

Ayat ini adalah sebuah prinsip bukan hanya untuk membangun rumah tangga, melainkan penegasan bahwa tidak baik jika manusia itu seorang diri saja. Adalah baik mengusahakan membangun rumah yang baik, namun juga terlebih mengupayakan membangun rumah tangga dan komunitas yang baik

Kej 13:6  Tetapi negeri itu tidak cukup luas bagi mereka untuk diam bersama-sama, sebab harta milik mereka amat banyak, sehingga mereka tidak dapat diam bersama-sama.

Kisah tersebut menunjukan salah satu alasan mengapa tidak bisa tinggal bersama adalah karena tidak cukup luas tanah untuk mereka kerjakan (visi) sementara sumber dayanya berlimpah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar