12 September 2019

Jaga Api


Im 6:13  Harus dijaga supaya api tetap menyala di atas mezbah, janganlah dibiarkan padam."
Api itu berarti gairahmu mengasihi Dia dan terus ingin lebih intim denganNya, bisa juga bermakna kerinduanmu untuk menyelidiki dan hidup dalam kebenaran, atau tentang karunia-karunia rohani yang sudah di depositkan Tuhan dalam hidupmu.
Bagaimana menjaga api supaya tidak padam?
1.          Pergilah ke kota perlindungan (Bil 35)
Di kota perlindungan yang didiami oleh orang Lewi tentunya gaya hidup yang berkembang di lokasi tersebut adalah gaya hidup berdoa, memuji dan menyembah.
Kota perlindungan disediakan bagi mereka yang hidup dalam pelarian karena melakukan perbuatan melanggar hukum yang tidak disengaja. Ketika suatu hari kita disadarkan bahwa kasih kita sudah menjadi dingin atau hati ini kering dan kita tidak menyadari sejak awal kalau kita sudah dan sedang kehilangan kasih mula-mula maka pergilah ke kota perlindunganmu yang berarti kembalilah lakukan apa yang semula engkau lakukan (Why 2 : 5), yaitu bangun kembali kehidupan doa pribadimu.

2.         Tetapkan siapa saja yang berada dalam lingkaran hubungan yang terdekat dengan hidupmu.
Paulus adalah contoh seorang yang memiliki lingkaran pengaruh yang mengamankan kehidupannya. Paulus mempertanggungjawabkan kehidupan dan pelayanannya pada para rasul di Yerusalem. Di sisi lain, Paulus memiliki rekan sekerja seperti Silas. Tetapi Paulus juga membagi hidupnya dengan Timotius sebagai anak rohaninya.
Mari kita saling bahu membahu menyelesaikan pertandingan dan memperoleh mahkota abadi. Maranatha!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar